Pemerintah Siap Bayar Uang Tebusan Darsem

“Kita sudah bilang bahwa kita akan melakukan pembayaran kalau keputusan naik bandingnya tetap hukuman mati.” Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Gumelar, di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa uang tebusan itu siap dibayarkan oleh pemerintah, apabila upaya hukum naik banding yang saat ini sedang dilakukan menemui kegagalan.

Linda mengatakan, saat ini pemerintah masih menunggu keputusan banding yang bisa berlangsung hingga enam bulan ke depan.

“Sekarang kita tunggu naik bandingnya. Tapi, kita sudah bilang bahwa kita akan melakukan pembayaran kalau keputusan naik bandingnya tetap hukuman mati,” ujarnya.

Kesanggupan pemerintah untuk membayar uang tebusan atau diyat senilai Rp4,6 miliar demi membebaskan Darsem dari hukuman mati, menurut Linda, adalah salah satu bukti kepedulian pemerintah terhadap nasib warga negara di luar negeri.

Kementerian Luar Negeri hingga saat ini terus mengupayakan uang tebusan untuk Darsem yang baru terkumpul sebanyak Rp2,3 miliar dari para donatur.

Kementerian Luar Negeri melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh, Arab Saudi, sebelumnya sudah mengupayakan Darsem lolos dari hukuman mati dan mendapatkan permintaan maaf dari keluarga majikannya yang berasal dari Yaman. Namun, Darsem harus membayar diyat atau uang tebusan sebesar Rp4,6 miliar yang harus dibayarkan dalam tenggang enam bulan.

Berita Lain:

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s