Siapa Mohamed Hussein Tantawi?

Liputan6.com, Kairo: Nama Mohamed Hussein Tantawi mulai terkenal di dunia saat memberikan pernyataan yang memberikan dukungan terhadap revolusi rakyat Mesir. Saat ini, seperti dilansir Xinhua, Sabtu (12/2), panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Mesir itu merupakan tokoh yang paling digemari.

Tantawi lahir pada 31 Oktober 1935. Ia bergabung dengan tentara Mesir pada 1956. Ia bertugas di tiga perang Timur Tengah. Persisnya, ketika Mesir berperang melawan Israel: Perang Suez pada 1956, Perang Enam Hari pada 1967, Perang Oktober pada 1973.

Tantawi menjadi Jenderal Mesir pertama yang mendapat pangkat Field Marshal pada 1989. Ia juga meraih gelar master ilmu militer. Ia menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Produksi Militer Mesir sejak 1991. Kemudian, ia menduduki posisis panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Mesir sejak 1995.

Tantawi diangkat sebagai wakil perdana menteri dalam kabinet baru yang dipimpin Ahmed Shafiq, di samping jabatannya sebagai menteri pertahanan. Hal itu terjadi setelah Mubarak mengadakan reshuffle pemerintah pada 29 Januari sebagai tanggapan terhadap pemerintahannya yang telah berkuasa selama 30 tahun

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s