Parameter Keberhasilan Pembangunan Sangat Politis

Liputan6.com, Jakarta: Keberhasilan pembangunan dan meningkatnya angka kesejahteraan rakyat yang diklaim oleh pemerintah beberapa pekan lalu dinilai tidak memiliki parameter yang jelas.

Hal itu disampaikan Hetifah Sjaifudian, anggota Komisi X DPR-RI (F-Golkar) dalam acara seminar bertema “Pembangunan Minus Kesejahteraan” di Hotel Meridien, Jakarta, Senin (31/1).

“Kita makin menyadari bagaimana dan oleh siapa parameter keberhasilan pembangunan dan kesejahteraan ditentukan. Sesungguhnya adalah sesuatu yang sangat politis dan bersifat ‘arbiter’,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan yang membawa berbagai perubahan sudah dilakukan pemerintah, namun tidak salah pula bahwa di tengah perubahan itu banyak rakyat Indonesia justru mengalami degradasi dalam kesejahteraan.

“Pemerintah bisa saja mengatakan bahwa angka kemiskinan menurun, dan kesejahteraan rakyat telah meningkat. Namun apa yang dikatakan pemerintah belum tentu merefleksikan persepsi masyarakat luas, khususnya mereka yang miskin atau merasa dirinya miskin,” paparnya.

Lebih lanjut Hetifah menjelaskan, data-data statistik dengan ukuran moneter seperti beberapa prosentase orang miskin di Indonesia dan Gini Rasio untuk distribusi pendapatan, sebetulnya masih jauh dari memadai untuk mendeskripsikan fenomena pembangunan dan kemiskinan di Indonesia.

“Hal tersebut menunjukan betapa rentanya masyarakat kita menghadapi guncangan seperti perubahan iklim, inflasi, atau bencana. Bukti-bukti kualitatif sebetulnya lebih bisa menunjukan bahwa posisi mereka yang miskin di Indonesia menjadi semakin buruk, bukan membaik,” tandasnya.

Dengan demikian, lanjutnya, pertumbuhan ekonomi yang diklaim sebagai kesuksesan pembangunan bisa jadi justru memperlebar kesejahteraan antara mereka yang kaya dan yang miskin.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s